K. Athoillah Zawawi

0 komentar

K. Athoillah lahir sekitar tahun 1918 M, beliau adalah putra K.H. Zawawi, adiknya K.H. Jauhari (Kencong), sekaligus pewaris pendiri madrasah Tuhfatus Shibyan.
Semasa hidupnya beliau termasuk orang yang berwibawa dan tawadlu', namun meski demikian beliau suka bergaul dengan rakyat kecil dan tanpa membeda-bedakan antara dirinya dan mereka.
Dalam pendidikan pun juga tak mau kalah, di Sedan beliau sangat tersohor dan unggul dalam fan Nahwu lebih-lebih Alfiyah ibnu Malik.
Memang sedari kecil hingga tua beliau sangat tekun dan rajin dalam menuntut ilmu, diantaranya beliau pernah menuntut ilmu di kota Kajen, Kencong dan Semarang, hingga pada akhirnya mengabdi di madrasah Tuhfatus Shibyan.
Ketika menjabat syuriah NU beliau dikenal sebagai sosok yang bijaksana, jujur dan lugu, sehingga mbah Cholil Bisri (Rembang) selalu salut atas segala sikapnya.
Beliau wafat pada tahun 1993 M , saat itu penulis di madrasah Tuhfatus Shibyan baru kelas Isti'dad (persiapan menuju Tsanawiyah) dan hanya mendapatkan pengajaran dari beliau secara langsung selama kurang lebih lima bulan hingga pada akhirnya digantikan oleh guru lain.
Bukan hanya penulis dan semua anak didik saja yang merasa kehilangan, akan tetapi para ulama dan semua lapisan masyarakat juga merasakan hal yang sama.
Kita berharap semoga ilmu barokah beliau senantiasa mengalir dan menghiasi kehidupan kita. Amin...
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, tapi yang sopan ya... dan jangan spam. Terima Kasih.


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nayla Sedan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger