K.H. Zawawi Yusuf

0 komentar

Sebelum mbah Zawawi tercetak menjadi ulama' yang berkharisma dan berwibawa, beliau dulu mendapat godojan yang matang dari pak de_nya sendiri yaitu mbah K.H. Abdussyakur, Swedang, Kebonharjo, Jatirogo.
Pahala terhitung atas dasar kepayahannya itu adalah salah satu prinsip beliau, hingga beliau harus pulang pergi antara Sidorejo - Swedang untuk mengaji kepada mbah Syakur.
Setelah itu beliau pergi lagi untuk berguru kepada Al'alim Al'allamah para pencetak ulama-ulama Jawa, diantaranya yaitu mbah Cholil Bangkalan, Madura. Pedoman beliau adalah "nganti gagak uwanen ora bakal kowe berhasil nek ora tenanan".
Menurut cerita, pada waktu mbah Zawawi berguru di mbah Cholil itu hanya cukup dikurung di WC dan diajari beberapa ayat saja lantas disuruh pulang oleh mbah Cholil.
Setelah itu beliau mondok di Sarang yang notabene masih famili dari arah ayah.

KEHIDUPAN, SIKAP DAN JASA
Mbah zawawi adalah sosok ulama' yang sulit dicari tandingannya pada zamannya, baik dalam kemasyarakatannya, kasih sayang atau tanggung jawabnya. Pada waktu-waktu tertentu beliau njolo (mencari ikan dengan jaring) dan sambil menghampiri tetangga untuk berdakwah. Sikap kasih sayang dan perhatian beliau tidak pernah diragukan, bahkan kasih sayang terhadap anak-anak tirinya melebihi anak-anak kandungnya sendiri. Beliau juga termasuk orang yang bertanggung jawab akan jama'ah dan pendidikan agama. Beliau orang yang dermawan juga berwibawa sehingga beliau selalu disegani, dihormati, dan ditaati. Beliau adalah sangat hebat dengan fan Fiqih, Nahwu, Shorof dan Qiro'ahnya di wilayah Sedan, sehingga bisa dibilang hampir ulama se_Sedan pernah berguru pada beliau dan banyak pula anak-anak didik beliau yang menjadi Ulama besar di Jawa Timur. Konsis dalam menghukumi, mantap dalam pendapat, dan teguh dalam pendirian adalah merupakan ciri beliau.
Selain itu mbah Zawawi terkenal sebagai orang ahli ibadah dan ahli dzikir yang disiplin, jujur, familier, kasih sayang, adil, alim, wira'i, sederhana dalam penampilan dan sangat kharismatik.
Mbah Abd. Hamid (Pasuruan) pernah ngendikan (berkata) "mbah Zawawi adalah Kanzuddu'a (gudangnya do'a)", aku banyak mendapat ijazah do'a dari beliau.
Dalam berpolitik beliau juga pernah menjabat sebagai Syuriyah NU, jabatan penghulu atau naib.
Jadi masalah luar pun mbah Zawawi tidak ketinggalan, dan merupakan tuntunan serta penanaman bagi anak didik beliau.
Sekitar tahun 70-an tepatnya hari Rabo tanggal 2 Jumadil ula beliau wafat. Kini perjuangan beliau dilanjutkan oleh putra-putra dan cucu-cucunya.
Dan kami yakin masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan beliau yang belum terungkap.
Marilah kita selalu mengingat dan meneladani langkah-langkah perjuangan beliau. Janganlah kita melupakan, hanya karena satu titik hitam. Semoga barokah ilmu serta karomah beliau bermanfaat sehingga mengalir menyertai kita. Amin...

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, tapi yang sopan ya... dan jangan spam. Terima Kasih.


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nayla Sedan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger