MA. Riyadlot Thalabah

1komentar

MA. Riyadlot Thalabah berawal dari sebuah Pesantren yang didirikan oleh KH. Munawwir sepulang beliau dari Pondok Pesantren Termas Jawa Timur. Didasari oleh tekad dan keinginan keras untuk mengamalkan ilmu dan untuk memajukan pendidikan masyarakat sekitar. Tepatnya Pada tahun 1948 berdirilah pesantren yang berada didepan rumah beliau, dan berdasarkan hasil musyawaroh beberapa tokoh seperti KH. Mawardi, KH. Munawir, H. Abdul Majid, Mbah Abbas dan lainnya maka di sepakati untuk mendirikan Madrasah diniyyah. Pendidikan inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya MA. Riyadlotut Thalabah dan lembaga Pendidikan lain dibawah naungan yayasan Riyadlotut Thalabah.

Nama Riyadlotut Thalabah sendiri adalah usulan dari KH. Mawardi yang kemudian disetujui oleh semua pengelola. Riyadlotut Thalabah berarti taman pelajar.

Pada awal pendiriannya, pendidikan yang diberikan masih sangat sederhana yakni terbatas pada Pengajaran Al Qur’an, Thasrifan dan beberapa ilmu alat lainnnya. Pendidikannya pun dilaksanakan pada waktu malam hari sehabis shalat magrib sampai dengan ba’da isya’.

Pada tahun 1953 Madrasah berhasil membuat satu local dan ruangan kecil didepan Masjid Jami’ Sidorejo Sedan dan sekarang digunakan MI. Riyadlotut Thalabah. Dan pada perkembangannnya melihat banyaknya murid yang telah menyelesaiakan pendidikan di tingkat ibtidaiyyah . Maka para pengurus mengadakan Musyawarah dan akhirnya disepakati untuk mendirikan MTs. Riyadlotut Thalabah pada tahun 1968 dengan murid pertama berjumlah 5 orang. Seiring dengan waktu Pada tahun 1984 berdirilah MA. Riyadlotut Thalabah dengan lokasi pertama di sebelah selatan jalan Sidorejo-Sedan.

MA. Riyadlotut Thalabah pada awalnya secara administrasi masih bergabung dengan MTs. Riyadlotut Thalabah. Namun pada perkembangannya sejak tahun 90 an untuk lebih berkembang maka administrasinya pun dipisah antar keduanya.

Grafik menunjukkan bahwa jumlah siswa dari tahun ketahun selalu menunjukkan peningkatan, data terakhir (2009/2010) menunjukkan siswa MA. Riyadlotut Thalabah berjumlah 525 siswa. Dan secara Umum jumlah Siswa di Naungan Yayasan Riyadlotut Thalabah berjumlah lebih dari 1.700 siswa.

Sumber artikel + foto
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
Kamis, 28 November 2013 pukul 14.43.00 WIB

Maaf jika saja lengkap penulisan tentang MA Riyad sedan pasti akan lebih bagus tolong ditambahi kronologi sejarahnya tahun pembaggunan mata pelajaran jumlah siswa selama berdiri sampai sekarang dan guru serta pemegang jabatan kepala sekolah dari tahun ke tahun agar lebih lengkap
Nama:Royatul Anisah
Kelas:X IPA 2
Sekolah :SMA N1 Lasem

Posting Komentar

Komentar Anda akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, tapi yang sopan ya... dan jangan spam. Terima Kasih.


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nayla Sedan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger