Sholat itu tiang Agama

0 komentar

Shalat adalah suatu ibadah yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan - perbuatan tertentu yang diawali dengan takbiratul Ihram dan diakhiri dengan Salam disertai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Definisi Seperti ini telah disepakati oleh Fuqoha' (para ulama ahli fiqih) dimana mereka mengatakan :

الصلاة هي اقوال وافعال مفتتحة بالتكبير ومحتتمة بالتسليم بشرائط مخصوصة

Artinya : "Shalat adalah perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan Salam yang dengannya itu kita dianggap beribadah (kepada Allah) dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. "

Fadilah Sholat (Ayat & Hadits yang berkaitan) ;

Didalam Agama Islam Shalat mempunyai kedudukan yang tak dapat ditandingi oleh ibadah-ibadah yang lain. Ada banyak kutipan ayat-ayat Al-qur'an mengenai keutamaan Shalat. Inilah beberapa kutipan tersebut :

"Peliharalah semua Shalat(mu), dan peliharalah shalat wusthaa" (Al Baqarah :238)

"Dan dirikanlah shalat untuk mengingatKu" (Thaha : 14)

"Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya" (Thaha : 132)

"Dan dirikanlah olehmu shalat, karena sesungguhnya shslat itu dapat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar" (Al Ankabut : 45)

"Dan dirikanlah olehmu akan shalat dan berikanlah olehmu zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku' "(Al-Baqarah : 43)

"Sungguh beruntung orang-orang beriman, yaitu orang yang khusyuk dalam shalatnya." (Qs.Al-mu'minuun:1-2)

"Wahai orang-orang yang beriman ! Rukuklah, sujudlah dan sembahlah Tuhanmu dan berbuat baiklah agar kamu beruntung." (Qs. Al-Hajj : 77)

"Wahai orang-orang beriman ! Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar."
(Qs. Al-Baqarah: 153)

Dengan memperhatikan ayat-ayat tersebut dapat dipahami bahwa Shalat mempunyai kedudukan tersendiri ,bahkan dalam salah satu hadist dijelaskan bahwa Shalat adalah tiang agama. Sebagaimana sabda Rosululloh Shollalloohu 'Alayhi wa Sallam ;

"Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama" (HR. Bayhaqi)

Beberapa Hadits yang berkaitan dgn Sholat ;

"Yang pertama-tama diperhitungkan terhadap seorang hamba di hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang sholatnya. Apabila shalatnya baik, maka dia beruntung dan sukses. Apabila shalatnya buruk, maka ia kecewa dan merugi." (HR. An-nasa'i, At-turmudzi)

Shalat merupakan penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Ia merupakan sebesar-besarnya tanda iman dan seagung-agungnya syiar agama. Shalat merupakan tanda syukur atas nikmat yang telah dikaruniakan Alloh kepada hambanya. Ia merupakan ibadah yang membuktikan keislaman seseorang. Shalat adalah ibadah yang sangat mendekatkan hamba kepada Kholiqnya, Hal ini berdasarkan hadits Nabi Shollalloohu 'Alayhi wa Sallam yang berbunyi :


اقرب ما يكون العبد لربه وهو ساجد فاكثروا فيو الدعاء
"Sedekat-dekat hamba kepada Tuhannya ialah dikala hamba itu bersujud (didalam Shalat). Maka banyak-banyaklah berdo'a didalam sujud itu"
"Perbanyaklah sujud kepada Alloh. Sesungguhnya bila sujud sekali saja Alloh akan mengangkatmu satu derajat dan menghapus satu dosamu." (HR.Muslim)

Semoga Alloh Subhaanahu wa Ta'aala, Mengistiqomahkan kita dalam 'Amal Sholat yang sesuai dgn Ajaran Rosululloh Shollalloohu 'Alayhi wa Sallam yaitu ; Tertib Waktu (Di Awal Waktu), Tertib Cara (Berjama'ah, kecuali Akhwat), Tertib Tempat (Di mana Adzan di Kumandangkan). Sampai Akhir Hidup Kita. Amiin Ya Robbal 'Aalamiin.
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Anda akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, tapi yang sopan ya... dan jangan spam. Terima Kasih.


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Nayla Sedan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger