Sayyid Ja’far ibn Hasan ibn Abdul Karim ibn
Muhammad ibn Sayid Rasul ibn Abdul Syed ibn Abdul Rasul ibn Qalandar ibn Abdul
Syed ibn Isa ibn Husain ibn Bayazid ibn Abdul Karim ibn Isa ibn Ali ibn Yusuf
ibn Mansur ibn Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Ismail ibn Al-Imam Musa Al-Kazim ibn
Al-Imam Ja’far As-Sodiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn Al-Imam Zainal Abidin
ibn Al-Imam Husain ibn Sayidina Ali r.a. dan Sayidatina Fatimah binti
Rasulullah saw.
Dinamakan Al-Barjanzy karena dinisbahkan kepada
nama desa pengarang yang terletak di Barjanziyah kawasan Akrad (kurdistan).
Kitab tersebut nama aslinya ‘Iqd al-Jawahir (Bahasa Arab, artinya kalung
permata) sebagian ulama menyatakan bahwa nama karangannya adalah “I’qdul Jawhar
fi mawlid anNabiyyil Azhar”. yang disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada
Nabi Muhammad saw, meskipun kemudian lebih terkenal dengan nama penulisnya.
Beliau dilahirkan di Madinah Al Munawwarah pada
hari Kamis, awal bulan Zulhijjah tahun 1126 H (1960 M) (1766 beliau menghafal
Al-Quran 30 Juz kepada Syaikh Ismail Alyamany dan Tashih Quran (mujawwad)
kepada syaikh Yusuf Asho’idy kemudian belajar ilmu naqliyah (quran Dan Haditz)
dan ‘Aqliyah kepada ulama-ulama masjid nabawi Madinah Al Munawwarah dan
tokoh-tokoh qabilah daerah Barjanzi kemudian belajar ilmu nahwu, sharaf,
mantiq, Ma’ani, Badi’, Faraidh, Khat, hisab, fiqih, ushul fiqh, falsafah, ilmu
hikmah, ilmu teknik, lughah, ilmu mustalah hadis, tafsir, hadis, ilmu hukum,
Sirah Nabawi, ilmu sejarah semua itu dipelajari selama beliau ikut duduk belajar
bersama ulama-ulama masjid nabawi. Dan ketika umurnya mencapai 31 tahun atau
bertepatan 1159 H barulah beliau menjadi seorang yang ‘Alim wal ‘Allaamah dan
Ulama besar.
Kitab “Mawlid al-Barzanji” ini telah disyarahkan
oleh al-’Allaamah al-Faqih asy-Syaikh Abu ‘Abdullah Muhammad bin Ahmad yang
terkenal dengan panggilan Ba`ilisy yang wafat tahun 1299H dengan satu syarah
yang memadai, cukup elok dan bermanfaat yang dinamakan “al-Qawl al-Munji ‘ala
Mawlid al-Barzanji” yang telah banyak kali diulang cetaknya di Mesir.
Di samping itu, kitab Mawlid Sidi Ja’far al-Barzanji ini telah disyarahkan pula oleh para ulama kenamaan umat ini. Antara yang masyhur mensyarahkannya ialah Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari dengan kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji”. Beliau ini adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217H (1802M) dan wafat pada tahun 1299H (1882M).
Di samping itu, kitab Mawlid Sidi Ja’far al-Barzanji ini telah disyarahkan pula oleh para ulama kenamaan umat ini. Antara yang masyhur mensyarahkannya ialah Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari dengan kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji”. Beliau ini adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217H (1802M) dan wafat pada tahun 1299H (1882M).
Selain itu ulama kita kelahiran Banten, Pulau
Jawa, yang terkenal sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak
karangannya, yaitu Sayyidul ‘Ulama-il Hijaz, an-Nawawi ats-Tsani, Syaikh
Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah yang lathifah bagi
“Mawlid al-Barzanji” dan karangannya itu dinamakannya “Madaarijush Shu`uud ila
Iktisaa-il Buruud”. Kemudian, Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma`il bin Sayyid
Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain yang merupakan suami
kepada satu-satunya anak Sayyid Ja’far al-Barzanji, telah juga menulis syarah
bagi “Mawlid al-Barzanji” tersebut yang dinamakannya “al-Kawkabul Anwar ‘ala
‘Iqdil Jawhar fi Mawlidin Nabiyil Azhar”. Sayyid Ja’far ini juga adalah seorang
ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif. Beliau juga merupakan seorang Mufti
Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau banyak, antaranya: “Syawaahidul Ghufraan
‘ala Jaliyal Ahzan fi Fadhaa-il Ramadhan”, “Mashaabiihul Ghurar ‘ala Jaliyal
Kadar” dan “Taajul Ibtihaaj ‘ala Dhau-il Wahhaaj fi Israa` wal Mi’raaj”. Beliau
juga telah menulis sebuah manaqib yang menceritakan perjalanan hidup dan
ketinggian nendanya Sayyid Ja’far al-Barzanji dalam kitabnya “ar-Raudhul A’thar
fi Manaqib as-Sayyid Ja’far”.
Kembali kepada Sidi Ja’far al-Barzanji, selain
dipandang sebagai mufti, beliau juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan
mengajar di dalam masjid yang mulia tersebut. Beliau terkenal bukan sahaja
kerana ilmu, akhlak dan taqwanya, tapi juga dengan kekeramatan dan kemakbulan
doanya. Penduduk Madinah sering meminta beliau berdoa untuk hujan pada
musim-musim kemarau. Diceritakan bahawa satu ketika di musim kemarau, sedang
beliau sedang menyampaikan khutbah Jumaatnya, seseorang telah meminta beliau
beristisqa` memohon hujan. Maka dalam khutbahnya itu beliau pun berdoa memohon
hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan lebatnya
sehingga seminggu, persis sebagaimana yang pernah berlaku pada zaman Junjungan
Nabi s.a.w. dahulu. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebahagian ulama pada
zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:-
سقى الفروق
بالعباس قدما * و نحن بجعفر غيثا سقينا
فذاك و سيلة لهم و هذا * وسيلتنا إمام العارفينا
Dahulu al-Faruuq dengan al-’Abbas beristisqa` memohon hujanفذاك و سيلة لهم و هذا * وسيلتنا إمام العارفينا
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa` memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘aarifin
Sidi Ja’far al-Barzanji wafat di Kota Madinah dan
dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau dari kalangan
anak-anak perempuan Junjungan Nabi s.a.w. Karangannya membawa umat ingatkan
Junjungan Nabi s.a.w., membawa umat kasihkan Junjungan Nabi s.a.w., membawa
umat rindukan Junjungan Nabi s.a.w. Setiap kali karangannya dibaca, pasti
sholawat dan salam dilantunkan buat Junjungan Nabi s.a.w. Juga umat tidak lupa
mendoakan Sayyid Ja’far yang telah berjasa menyebarkan keharuman pribadi dan
sirah kehidupan makhluk termulia keturunan Adnan. Allahu … Allah.
اللهم اغفر
لناسج هذه البرود المحبرة المولدية
سيدنا جعفر من إلى البرزنج نسبته و منتماه
و حقق له الفوز بقربك و الرجاء و الأمنية
و اجعل مع المقربين مقيله و سكناه
و استرله عيبه و عجزه و حصره و عيه
و كاتبها و قارئها و من اصاخ إليه سمعه و اصغاه
Ya Allah ampunkan pengarang jalinan mawlid indah nyataسيدنا جعفر من إلى البرزنج نسبته و منتماه
و حقق له الفوز بقربك و الرجاء و الأمنية
و اجعل مع المقربين مقيله و سكناه
و استرله عيبه و عجزه و حصره و عيه
و كاتبها و قارئها و من اصاخ إليه سمعه و اصغاه
Sayyidina Ja’far kepada Barzanj ternisbah dirinya
Kejayaan berdamping denganMu hasilkan baginya
Juga kabul segala harapan dan cita-cita
Jadikanlah dia bersama muqarrabin berkediaman dalam syurga
Tutupkan segala keaiban dan kelemahannya
Segala kekurangan dan kekeliruannya
Seumpamanya Ya Allah harap dikurnia juga
Bagi penulis, pembaca serta pendengarnya
و صلى الله
على سيدنا محمد و على اله و صحبه و سلم
و الحمد لله رب العالمين
و الحمد لله رب العالمين
Dalam bukunya, Dan Muhammad adalah Utusan Allah:
Penghormatan terhadap Nabi SAW dalam Islam (1991), sarjana Jerman peneliti
Islam, Annemarie Schimmel, menerangkan bahwa teks asli karangan Ja’far
al-Barzanji, dalam bahasa Arab, sebetulnya berbentuk prosa. Namun, para penyair
kemudian mengolah kembali teks itu menjadi untaian syair, sebentuk eulogy bagi
Sang Nabi.
Untaian syair itulah yang tersebar ke berbagai negeri di Asia dan Afrika, tak terkecuali
Secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa karya Ja’far al-Barzanji merupakan biografi puitis Nabi Muhammad SAW. Dalam garis besarnya, karya ini terbagi dua: “Natsar” dan “Nadhom”. Bagian “Natsar” terdiri atas 19 subbagian yang memuat 355 untaian syair, dengan mengolah bunyi “ah” pada tiap-tiap rima akhir. Seluruhnya menurutkan riwayat Nabi Muhammad SAW, mulai dari saat-saat menjelang paduka dilahirkan hingga masa-masa tatkala paduka mendapat tugas kenabian. Sementara, bagian “Nadhom” terdiri atas 16 subbagian yang memuat 205 untaian syair, dengan mengolah rima akhir “nun”.
Dalam untaian prosa lirik atau sajak prosaik itu, terasa betul adanya keterpukauan sang penyair oleh sosok dan akhlak Sang Nabi. Dalam bagian “Nadhom”, misalnya, antara lain diungkapkan sapaan kepada Nabi pujaan: Engkau mentari, engkau bulan/ Engkau cahaya di atas cahaya.
Di antara idiom-idiom yang terdapat dalam karya ini, banyak yang dipungut dari alam raya seperti matahari, bulan, purnama, cahaya, satwa, batu, dan lain-lain. Idiom-idiom seperti itu diolah sedemikian rupa, bahkan disenyawakan dengan shalawat dan doa, sehingga melahirkan sejumlah besar metafor yang gemilang. Silsilah Sang Nabi sendiri, misalnya, dilukiskan sebagai “untaian mutiara”.
Namun, bahasa puisi yang gemerlapan itu, seringkali juga terasa rapuh. Dalam karya Ja’far al-Barzanji pun, ada bagian-bagian deskriptif yang mungkin terlampau meluap. Dalam bagian “Natsar”, misalnya, sebagaimana yang diterjemahkan oleh HAA Dahlan, kita mendapatkan lukisan demikian: Dan setiap binatang yang hidup milik suku Quraisy memperbincangkan kehamilan Siti Aminah dengan bahasa Arab yang fasih.
Betapapun, kita dapat melihat teks seperti ini sebagai tutur kata yang lahir dari perspektif penyair. Pokok-pokok tuturannya sendiri, terutama menyangkut riwayat Sang Nabi, terasa berpegang erat pada Alquran, hadis, dan sirah nabawiyyah. Sang penyair kemudian mencurahkan kembali rincian kejadian dalam sejarah ke dalam wadah puisi, diperkaya dengan imajinasi puitis, sehingga pembaca dapat merasakan madah yang indah.
Salah satu hal yang mengagumkan sehubungan dengan karya Ja’far al-Barzanji adalah kenyataan bahwa karya tulis ini tidak berhenti pada fungsinya sebagai bahan bacaan. Dengan segala potensinya, karya ini kiranya telah ikut membentuk tradisi dan mengembangkan kebudayaan sehubungan dengan cara umat Islam di berbagai negeri menghormati sosok dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
Sifatnya:
Wajahnya tampan, perilakunya sopan, matanya luas, putih giginya, hidungnya mancung,jenggotnya yang tebal,Mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah,dan sangat pemurah.
Wajahnya tampan, perilakunya sopan, matanya luas, putih giginya, hidungnya mancung,jenggotnya yang tebal,Mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah,dan sangat pemurah.
Seorang ulama besar yang berdedikasi mengajarkan
ilmunya di Masjid Kakeknya (Masjid Nabawi) SAW sekaligus beliau menjadi seorang
mufti Mahzhab Syafiiyah di kota
madinah Munawwarah.
“Al-’Allaamah al-Muhaddits al-Musnid as-Sayyid
Ja’far bin Hasan al-Barzanji adalah MUFTI ASY-SYAFI`IYYAH di Kota Madinah
al-Munawwarah. Banyak perbedaan tentang tanggal wafatnya, sebagian menyebut
beliau meninggal pada tahun 1177 H. Imam az-Zubaidi dalam “al-Mu’jam
al-Mukhtash” menulis bahwa beliau wafat tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi
pernah berjumpa dengan beliau dan menghadiri majelis pengajiannya di Masjid
Nabawi yang mulia.
Maulid karangan beliau ini adalah kitab maulid
yang paling terkenal dan paling tersebar ke pelosok negeri ‘Arab dan Islam,
baik di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak kalangan ‘Arab dan ‘Ajam (luar
Arab) yang menghafalnya dan mereka membacanya dalam waktu-waktu tertentu.
Kandungannya merupakan khulaashah (ringkasan) sirah nabawiyyah yang meliputi
kisah lahir baginda, perutusan baginda sebagai rasul, hijrah, akhlak,
peperangan sehingga kewafatan baginda.
Wafat:
Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Selasa, setelah Asar,4 Sya’ban, tahun 1177 H (1766 M). Jasad beliau makamkan di Baqi’ bersama keluarga Rasulullah saw.
Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Selasa, setelah Asar,4 Sya’ban, tahun 1177 H (1766 M). Jasad beliau makamkan di Baqi’ bersama keluarga Rasulullah saw.
Kitab maulid Barzanji sendiri telah disyarah
(dijelaskan) oleh ulama-ulama besar seperti Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy
al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari yang mengarang kitab “al-Qawl
al-Munji ‘ala Mawlid al- Barzanji” dan Sayyidul ‘Ulama-il Hijaz, Syeikh
Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi “Madaarijush Shu`uud ila Iktisaa-il Buruud”.
(Mh/MM)
Posting Komentar
Komentar Anda akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, tapi yang sopan ya... dan jangan spam. Terima Kasih.